Friday, December 5, 2014

Perkebunan Kali Selogiri dan air terjun Rawa Jambe

Wisata Perkebunan Kali Selogiri di Banyuwang 
 
Tempat Wisata Perkebunan Kali Selogiri di Banyuwangi
pintu Masuk perkebunan selogiri, sumber google.
Perkebunan Kali Selogiri di Banyuwangi.
Para Penelusur pasti ingin tempat yang sejuk dan asik buat main air setelah aktifitas kerjaan atau sekolah/kuliah yang padat, cobalah untuk datang ke Perkebunan Kali Selogiri. Karena disana akan disuguhi pemandangan serta suasana yang adem buat kita, Kali Selogiri merupakan salah satu perkebunan kopi dan kakao PTPN XII yang berada di Banyuwangi. berjarak 18 km dari kota Banyuwangi.

Perkebunan Kali Selogiri berada di Desa Ketapang kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi provinsi Jawa timur, perkebunan ini memiliki hamparan tanaman kopi yang luas. Dengan luas lahan 1.116 Ha Elevasi 400-700 m dpl Curah Hujan 70-80% Suhu 19-270 C. Berbagai aktifas dapat dinikmati pengunjung di perkebunan Kali Selogiri ini mulai dari tanam bibit kopi dan kakao,petik kopi, proses pengolahan biji kopi di pabrik produksi hingga menikmati pemandangan hamparan kebun kopi yang dapat dinikmati dari puncak MIAMIRI.

Perkebunan Kali Selogiri di Banyuwangi Tempat Wisata Perkebunan Kali Selogiri di Banyuwangi
Aliran Kali Selogiri
Kaliselogiri selain sebagai tempat produksi kopi, ditempat ini juga terdapat sebuah obyek Wisata alam yaitu air terjun yang dikenal dengan nama air terjun rawa jambe, keindahaan air terjun ini dapat pengunjung nikmati pada bulan bulan tertentu yaitu pada bulan juli hingga November. Dulu Perkebunan Kali selogiri ini gratis untuk Para Penelusur, tapi demi memelihara kelestarian potensi yang di miliki oleh wisata alam kali Selogiri, pihak pengelola berencana akan memberlakukan tiket masuk, bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana wisata yang terkenal dengan keindahan air terjunnya tersebut.
Selain Perkebunan, Selogiri juga mempunyai Air terjun yang sangat indah lho yang siap untuk ditelusuri oleh Para Penelusur. Air terjun Selogiri ini terletak pada tempatnya yang alami. Air mengucur dari atas tebing diantara pepohonan yang rimbun, seolah para pengunjung berada di kanopi dengan air terjun di dekatnya. Air terjun Selogiri terletak kira-kira 13 km ke arah utara kota Banyuwangi. kawasan wisata ini masuk wilayah administrasi Kecamatan Kalipuro. Untuk mencapai air terjun Selogiri ini, sebaiknya Para Penelusur mengendarai mobil dengan penggerak empat roda atau four wheel drive (4WD). Jika terpaksa memang bisa dicapai dengan kendaraan niaga. Tetapi, jangan sekali-kali menggunakan kendaraan roda empat yang bertipe sedan atau SUV. Saat memasuki khawasan hutan, maka akan disuguhi pepohonan rindang pohon jati.
Air terjun Rawa Jambe, sumber google.
Tapi Para Penelusur juga harus waspada, karena kawasan hutan tersebut sering dipakai kegiatan latihan militer. Semacam perang-perangan. Jadi, saat latihan biasa terdengar letupan suara senjata. Tak jarang tampak melintas pasukan berpakaian serba loreng. Pemandangan latihan marinir itu biasa mengiringi perjalanan yang hanya berjarak 7 km dari jalan raya itu. Kira-kira 40 menit perjalanan mengendarai mobil. Suasana hening dengan pepohonan besar di kanan- kiri ganti menghiasi perjalanan. Sesaat kemudian, sayup-sayup terdengar gemuruh suara air terjun. Dari jalan perkebunan bisa ditempuh jalan kaki sekitar 200 meter. Tampaklah air terjun Selogiri dengan ketinggian sekitar 7 meter.

No comments:

Post a Comment