Saturday, November 22, 2014

Kawah Ijen

foto sumber  :google.

Assalamualikum, maaf bagi yang sahabat yang beragama lain salam jumpa aja deh, di kali pertama ini saya ingin membahas tentang GUNUNG IJEN yup, gunung yang terletak di kota kesayangan saya sendiri ini adalah suatu wisata yang tentu tidak asing lagi bagi kalangan pelancong baik dalam maupun luar negri.

Langsung saja nih, Gunung ijen ini terletak di Propinsi Jawa timur, dari arah Surabaya membutuhkan waku sekitar 6-7 jam perjalanan Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen  adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Yang kurang lebih memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut tentunya bro, luas kawah mencapai 5466 Hektar. berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936 dari info yang saya dapat dari beberapa situs di internet hehe, Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowos dan Banyuwangi.
Jalur awal pendakian (paltuding) foto sumber : google.
jalur pendakian tengah perjalanan, foto sumber google.
Di atas adalah foto jalur pendakian awal, dulu sih masih ada tulisan welcome, tapi sekarang sudah gak ada bro....tapu buat foto yang satu pas sudah sampai kira-kira tengah perjalanan menuju puncak kurang lebih sama.

Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawasan kawah Ijen, pengunjung bisa melihat para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.

foto sumber : google.
Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar, danau Ijen sendiri memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia bro,, jadi hati-hati deh...

Kawah ijen yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok, selain itu, dari pengalaman saya sendiri, jika kalin mendaki terhitung mulai sekitar jam 02:00-03:00 waktu Indonesia bagian timur sampai puncak kalian biasa menemukan keindahan lain bro…. disamping pemandangannya yang menakjubkan mata terdapat Api biru, turis asing biasa mengenalnya dengan Blu Fier yang kabarnya nomer dua di dunia.
  
Foto sumber : google.
warna ini timbul dari asap blerang yang keluar dari pusat semburan kawah, dan itu terlihat ketika malam, bila cuacanya cerah bro….kalok pas asapnya lagi ngepul yaa gak keliatan gitu..jadi berdoa aja biar cerah bro…kalok kalian kesan, disamping itu kalian bisa menunggu matahari terbit,, jadi banyak deh yang di dapetin jika kalian sobat petualang mendaki di dini hari, mantap pokoknya tidak bakalan nyesel deh pokoknya…

Bagi kalian yang suka akan petualangan, untuk mencapai kawah Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu :

1. Kawah Ijen dari Banyuwangi

Dari arah selatan Rute ini dapat ditempuh melalui Kabupaten Banyuwangi (Stasiun Kereta, Terminal dan Pelabuhan Ketapang jika dari Pulau Bali), lalu menuju Kecamatan Licin berjarak sekitar 15 Km dan dilanjutkan menuju Desa Jambu berjarak sekitar 18 Km kemudian kita bisa menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya,  Ini dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak menuju Patulding tempat awal pendakian berjarak 7 Km, tenang bagi kalian yang suka pakai sepeda Motor  biasa juga bisa kesana ( di service dulu bro biar kuat ), Dari Patulding berjalan kaki (soft trekking) pada jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38 kilometer.

erek-erek jalan kawah ijen dari arah banyuwangi, foto sumber google.
 2. Kawah Ijen dari Bondowoso

Dari utara dan selatan Rute perjalanan menuju Kawah Ijen jika lewat Kabupaten Situbondo diteruskan ke Kabupaten Bondowoso ( sempol ) sekitar 93 Km lewat Wonosari dan dapat di tempuh sekitar 2,5 jam bias lebih juga bro kalok ada kendala apalagi jalan kaki bro hahaha….,  memang lebih jauh jika di bandingkan dengan lewat Banyuwangi. Namun pemandangan alam sekitar saat menuju Kawah Ijen sungguh sangat mempesona yaitu Kebun Kopi dan Hutan Pinus yang masih sangat alami. Dari Kota Bondowoso perjalanan menuju Wonosari, lalu dilanjutkan ke Desa Sempol dan akhirnya ke Patulding. Dari Patulding rute sama untuk mencapai Wisata Kawah Ijen seperti via Banyuwangi. dan jika lewat bondowoso ini kalian para petualang di perjalanan akan menemukan sumber air belerang yang ber warna kuning ke hijauan.

air blerang foto sumber : google.
Jadi mana jalur yang kalian pilih sebagai pecinta alam sekaligus petualang sejati……so saya tunggu kunjungannya deh kalok mau berangkat dari arah banyuwangi bisa kabairi saya bro, mungkin saja saya bisa bantu, apa gitu….bantu menghabiskan bekal bawaan kalian juga boleh,,,hahaha…..

Berikut pembahasan saya kali pertama ini di artikel kawah ijen jumpa lagi di lain kesempatan, tolong komentarnya yah sob, siapa tau ada salah-salah kata saya minta maaf wassalamualaikum kawan.



No comments:

Post a Comment