Saturday, November 29, 2014

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan - Banyuwangi

Pulau Tabuhan terletak 20 Km dari pusat kota Banyuwangi, persis di tengah selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Tepat berada di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar.

Kebun laut yang eksotis, terumbu karang yang memukau dan dihuni oleh ribuan spesies ikan, bunga karang, udang karang dan berbagai tumbuhan laut adalah menu utama yang di sajikan oleh keindahan Pulau Tabuhan. Ditambah lagi, dengan kejernihan airnya, Pulau Tabuhan sangat cocok untuk mereka yang gemar agak kegiatan maritim seperti scuba diving.
Selain para satwa laut dan biota laut, berbagai jenis satwa darat pun bisa hidup dengan nyaman di pulau ini. Seperti contoh, burung Maleo yang terkenal dari Pulau Seulawesi selalu bermigrasi di habitat pulau tabuhan.

Pulau Tabuhan terletak di sebelah utara Kota Kabupaten Banyuwangi tepatnya di desa Bangsring, kecamatan Wongsorejo. Pulau Tabuhan Merupakan Pulau kecil dengan luas kurang lebih 3 hektar.Pulau Tabuhan memiliki pemandangan yang sangat Indah dengan potensi alam bawah laut yang sungguh menawan. Pasir putihnya yang masih halus belum terjamah terhampar di sekeliling pulau mungil itu.
Untuk menuju Pulau Tabuhan, diawalai dari daerah Bunder. Bunder juga merupakan lokasi alam bawah laut yang indah, daerah ini juga sering disebut dengan “Bangsring underwater”. Bunder merupakan kawasan konservasi alam laut, habitat alam bawah lautnya dilestarikan dan dilindungi atas dasar kesadaran oleh masyarakat nelayan setempat. Berjuta-juta jenis ikan dan karang ada di bunder underwater. Dari daerah Bunder, untuk menuju Pulau tabuhan telah disediakan kapal mini milik nelayan dengan kapasitas 10, 15 dan 4 orang.
Bagi Anda yang senang menikmati alam bawah laut, selain kapal sebagai transportasi menuju Pulau Tabuhan, telah disediakan juga fasilitas persewaan alat-alat snorkeling, kamera underwater dan peralatan diving.
Disini Anda dapat menikmati dua lokasi alam bawah laut yaitu, di Pulau Tabuhan dan di Bangsring Underwater. Jika Anda ingin menikmati pulau kecil nan indah sekaligus pesona Alam bawah laut Anda harus naik kapal menuju pulau Tabuhan. Namun, jika hanya ingin menikmati alam bawah laut, Anda tidak perlu menuju Pulau Tabuhan, Bangsring Underwater pun penuh dengan keindahan alam bawah laut.

No comments:

Post a Comment