Monday, December 15, 2014

Air terjun Madakaripura Probolinggo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiplOgpdYyHX4upiwVtIAj5J9TCdrR7Q4bS87mUZj9w6iEanuAHHRsdvt-KUgQtAalv0alWl9YwRs8uBrRR-iu0QDyN8PuYQigTfPL2BLAhyphenhyphenozDwzvNm3-c0CtntWCwqEDYX_dVGLIqCCS9/s1600/Madakaripura+Waterfall,+East+Java,+Indonesia.jpg
sumber google.
Tempat wisata Air yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo dan Semeru, berada di desa Sapeh Kecamatan Lumbang kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Jarak antara Kawasan Wisata Bromo dengan Air terjun Madakaripura sekitar 5 Km ke arah Probolinggo.

Untuk menuju wisata ini silakan menuju Tongas probolinggo setelah itu akan ada pertigaan yang di tandai oleh tugu kecil setelah itu belok kanan dan ikuti plakat menuju Gunung Semeru dan Air Terjun Madakaripura. Jarak tempuh dari pertigaan itu ke wisata Air Terjun Madakaripura sekitar 30 menit. Sesampai di pintu gerbang dan area parkir Anda harus berjalan sekitar 1 Km untuk menuju lokasi air terjun. Gunakan jasa pemandu untuk mempermudah perjalanan Anda, biasanya mereka akan menawarkan diri di area parkir untuk mengantarkan Anda, mereka umumnya warga lokal.Air Terjun Madakaripura memiliki arsitektur yang unik berupa seperti tabung yang akan menghipnotis Anda untuk sejenak berhenti mengagumi keindahan yang di ciptakan oleh Tuhan ini. Air Terjun ini masih tergolong alami. Merupakan Air Terjun tertinggi di jawa dengan ketinggian 200 M. Air Terjun ini juga merupakan tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura daerah Sumatera Utara di dekat Danau Toba. Jangan datang kesini jika Anda tidak ingin ketagihan datang lagi untuk menikmati indahnya tempat ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOtj0VQzSacEhFQWrL5TkS3xDLJb6QHGVigqS-Nib3Dmk6dGbiwPSLFILKgDO1w_WYiSATP9Bk2uwujMGu90mB4Bo-fxddD4JocSJdde7jmwTW3mb3GE99k-ChC2vRNKI095k6tIqxrvY/s1600/air+terjun+madakaripura+probolinggo.jpg
Sumber google.

Asal Usul Nama Air Terjun Madakaripura
Arti kata Madakaripura adalah tempat tinggal terakhir. Tempat ini adalah tempat tinggal terakhir Patih Gajahmada, seorang patih dari kerajaan Majapahit yang kala itu di pimpin oleh raja Hayam Wuruk. Patih Gajahmada adalah Patih yang berhasil mempersatukan Nusantara. Sumpah untuk mempersatukan Nusantara ini disebut sumpah palapa, sumpah yang di ucapkan Patih Gajahmada di Rumah panggung tepatnya di Trowulan Mojokerto saat pengangkatan dirinya sebagai patih Amangkubhumi pada tahun 1258 Saka atau 1336 Masehi. Isi dari sumpah Palapa adalah “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa” yang artinya Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa, Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa. Begitulah kurang lebih arti dari sumpah palapa yang di ucapkan oleh Patih Gajahmada. Dan kita sebagai orang yang hidup di nusantara ini, tolong jaga apa yang sudah di perjuangkan oleh Patih Gajahmada untuk kita semua. Kembali ke madakaripura sendiri tempat ini adalah tempat terakhir patih Gajahmada bersemedi dan melewati masa akhir kehidupannya. Jika masuk ke kawasan pintu masuk wisata sini Anda akan di sambut oleh patung Gajahmada seolah menyambut kedatangan Anda.

Fasilitas yang ada di wisata ini tergolong lengkap, ada warung jika tenaga Anda habis, ada juga mushola, kamar mandi, tempat parkir, dan juga penginapan untuk Anda bermalam.

No comments:

Post a Comment