Saturday, December 20, 2014

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi - Banyuwangi

Pantai Rajegwesi terletak terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Pantai Rejegwesi terbentuk dari endapan lumpur yang di bawa oleh sungai yang meluap pada saat banjir, hal ini juga menyebabkan pasir pantai berwarna cokelat dan bukan pasir hitam atau putih. Pantai Rajegwesi termasuk dalam bagian Taman Nasional Meru Betiri dan juga di gunakan sebagi budi daya penetasan penyu.

pantai_rajegwesi
Terlihat hamparan bebatuan di pantai Rajegwesi, sumber : google.
Pantai Rajegwesi memiliki pasir berwarna coklat karena endapan lumpur yang dibawa oleh sungai yang bermuara di pantai ini. Pantai Rajegwesi terletak di dekat perkampungan nelayan. Di tepi pantainya, traveler dapat melihat perahu nelayan berjejer dengan rapi. Mereka menyandarkan perahu mereka di siang hari karena mereka akan beraktivitas pada malam harinya.
pantai_rajegwesi_1
Aktifitas nelayan Rajegwesi, sumber : google.
Walaupun Pantai Rajegwesi terletak di pantai selatan, tapi ombak di pantai ini tidak terlalu besar seperti pantai yang ada di kawasan selatan lainnya. Traveler bisa bermain ombak di pantai tanpa harus khawatir terbawa arus ombak. Tapi harus tetap waspada, selalu memperhatikan keselamatan jiwa kita.

http://www.javaisbeautiful.com/wp-content/gallery/rajegwesi/rajegwesi1.jpg
Pantai Rajegwesi, sumber : google.
Pantai Rajegwesi juga dikelilingi oleh tebing bebatuan yang mengandung besi. Ombak yang menghantam tebing tersebut akan menimbulkan suara yang bisa kita nikmati. Selain pantainya yang indah, di Pantai Rajegwesi kita juga bisa menikmati aktivitas lain seperti kegiatan pembuatan gula aren (nderes)  yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini. Mulai dari bagaimana cara pengambilan air kelapa sampai dengan proses pembuatan gulanya bisa kita saksikan di Pantai Rajegwesi ini.

pantai_rajegwesi_3
Terlihat salah satu penduduk sedang mngambil gula aren, sumber : google.




No comments:

Post a Comment